Andika Rekatias
About Works Blogs Contact Status

Cara Install Linux di Windows dengan WSL

| Tutorial | Windows, Tutorial, learn

Jika Anda ingin menjalankan Linux di Windows tanpa perlu mengganti sistem operasi secara keseluruhan, Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah solusi yang sempurna. WSL adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk menjalankan distribusi Linux favorit Anda di dalam lingkungan Windows tanpa perlu menginstalasi dual-boot. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara menginstal WSL dan mengaktifkan distribusi Linux.

Prasyarat

Anda harus menjalankan Windows 10 versi 2004 dan lebih tinggi (Build 19041 dan lebih tinggi) atau Windows 11

Instal WSL

Anda sekarang dapat menginstal semua yang Anda perlukan untuk menjalankan WSL dengan satu perintah. Buka PowerShell atau Windows Command Prompt dalam mode administrator dengan cara mengklik kanan dan memilih “Run as administrator”, masukkan perintah wsl –install, lalu restart mesin Anda.

wsl --install

CMD

Perintah ini akan mengaktifkan fitur yang diperlukan untuk menjalankan WSL dan menginstal distribusi Linux Ubuntu. Setelah selesai lakukan restart pada pc, Kemudian jendela Command Promt akan terbuka dan anda akan di minta untuk memasukkan username dan password.

Jika ingin menggunakan distro lain selain ubuntu bisa menggunakan perintah

wsl --install -d <Distribution Name>

Ganti dengan nama distribusi yang ingin Anda instal.\ Untuk dapat melihat list Distribusi yang tersedia bisa menggunakan perintah

wsl --list --online

wsl --list --online



Komentar


© 2012 - 2024 - Andika Rekatias